Tuesday, May 5, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :   SD
Tema                      :   Bersyukur Atas Keberagaman
Kelas/ Semester     :    IV/ 1
Alokasi Waktu       :   2 X 40 Menit (2 jam pertemuan)

A.      KI
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

B.       Kompetensi Dasar
3.1  Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2  Matematika
Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
3.5  IPA
Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

C.      Indikator
a.      Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan
b.      Matematika
Melakukan penaksiran terhadap banyak benda yang disajikan dalam gambar dan menemukan hasilnya.
c.       IPA
Membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk percobaan membunyikan botol-botol kaca

D.      Materi Ajar
a.       energi bunyi
b.      menaksir jumlah benda
c.       cerita pengalaman
E.       Pendekatan
Saintifik
F.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Pembuka
1.      Mempersiapkan media dan sumber belajar yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
2.      menyanyikan lagu kring-kring ada sepeda.
3.      menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti
1.      siswa membentukm kelompok
2.      setiap kelompok mendapatkan 3 botol kaca.
3.      siswa mengisi botol kaca dengan air dengan volume berikut ini
-          botol 1 diisi penuh
-          botol 2 diisi setengah
-          botol 3 kosong (tidak diisi)
4.      setelah semua kelompok telah mengisi botol kaca tersebut. guru memberikan pertanyaan yang kemudian akan menjadi topik diskusi.
“pernahkah kalian memperhatikan suatu benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi, seperti garpu tala? jika garpu tala digetarkan akan menghasilkan bunyi yang nyaring. nah semakin nyaring bunyi berarti amplitudonya kuat.”
Apa itu amplitudo?
Kesimpulan yang diharapkan.
-          bunyi mempunyai amplitudo yang berbeda-beda.
-          amplitudo adalah kuat lemahnya bunyi.
5.      setelah selesai diskusi, salah satu perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi. hasil diskusi tersebut disampaikan secara urut dari awal kegiatan percobaan sampai pada penarikan kesimpulan.
Selama diskusi guru berkeliling mengamati pekerjaan dan perilaku siswa yang disubsitusikan ke dalam instrumen penilaian.
6.      siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum dimengerti berkaitan dengan materi yang diajarkan
7.      siswa bersama guru membuat kesimpulan dari energi bunyi dan penaksiran.

Penutup
1.      siswa bersama guru membuat refleksi dari pembelajaran yang telah  berlangsung.
2.      memberikan penguatan dan penghargaan terhadap siwa.
3.      pemberian tugas individu.


G.      Penilaian
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Cukup
Perlu dilatih
Bekerjasama
Bekerja untuk menyelesaikan tugas.
Menunjukkan sikap positif terhadap teman.
(4)
Sebagian besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman terlibat untuk menyelesaikan sebagian besar tugas.
(3)
Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil kerja teman.
(2)
Tidak bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negatif terhadap teman.
(1)


Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment